Pentingnya Media Baru bagi Praktisi Public Relations

Dalam sepuluh tahun terakhir, banyak yang telah terjadi seperti "matinya media tradisional." Sementara pembaca surat kabar turun , konsumsi media secara umum telah meroket. Faktanya, di Amerika Serikat, orang dewasa menghabiskan hampir separuh waktu mereka di suatu alat elektronik, menonton, membaca dan mendengarkan sumber media. Tren ini menciptakan lebih banyak, tidak kurang, peluang bagi pemilik bisnis yang ingin menjangkau khalayak melalui media.

Media adalah istilah yang mencakup segala yang mencakup semua dari banyak cara yang digunakan untuk menjangkau khalayak massa. Televisi, surat kabar, majalah, radio, media sosial, aplikasi, podcast, dan blog adalah beberapa cara yang biasanya digunakan untuk berkomunikasi dengan konsumen. Mengingat semua opsi ini, hal ini dapat tampak luar biasa atau sia-sia untuk melakukan kampanye penjangkauan melalui media.

Dengan menggunakan alat yang tepat, Anda dapat mulai menciptakan hubungan yang sukses dengan media dan audiens Anda.

Temukan Tempat untuk Memulai
Triknya adalah mempersempit audiensi Anda sebelum memulai. Semakin baik Anda mengenal publik yang ingin Anda jangkau, semakin mudah untuk menemukan dan berkomunikasi dengan mereka. Setelah Anda mendefinisikan audiens Anda dalam parameter tertentu, Anda dapat menemukan outlet yang tepat untuk menjangkau mereka.
Sebagai contoh, seperti misalnya menganggap bahwa Facebook adalah tempat yang baik untuk memulai (platform ini memiliki dua kali lipat pengguna dari setiap flatform sosial lainnya), tidak semua pesan diterima sama melalui media sosial. Namun, perusahaan dengan model B2B kemungkinan akan membenturkan kepalanya ke dinding, menghasilkan konten yang pengguna salah (jika ada orang sama sekali) sedang membaca. Demikian pula, sebuah toko ritel kecil yang mengkhususkan diri pada barang-barang lokal kemungkinan akan sulit untuk mendapatkan perhatian dari outlet nasional seperti Wall Street Journal atau Good Morning America .

Berfokus pada jenis publikasi yang tepat untuk melayani pelanggan bisnis Anda atau di outlet baru lokal di wilayah yang Anda layani. Ini akan membuat semua perbedaan dalam keberhasilan upaya penjangkauan apa pun.

Berfikir Vertikal
Perusahaan mungkin mempertimbangkan penargetan lebih kecil, publikasi yang mencakup topik khusus untuk model bisnis mereka. Dalam dua dekade terakhir, Internet telah memunculkan jutaan anggaran yang lebih kecil, majalah, buletin, situs web, dan blog yang sangat terfokus yang mencakup semuanya, mulai dari nutrisi hewan peliharaan hingga bepergian dengan anak-anak. Perusahaan keamanan berbasis cloud dapat menemukan lebih dari 20 publikasi yang hanya membahas topik ini dengan pencarian Google yang sederhana, misalnya.

Masing-masing gerai online ini akan menawarkan akses ke pembaca yang sudah tertarik dengan produk atau layanan yang Anda jual. Dan karena mereka menawarkan konten khusus semacam itu, mereka cenderung selalu mencari cerita baru untuk diceritakan. Sesuai dengan jenis-jenis media ini akan sering menghasilkan peluang untuk wawancara, ulasan produk, atau kesempatan untuk secara pribadi menulis artikel yang menjangkau konsumen.

Pertimbangkan menerbitkan sendiri.
Salah satu perubahan media yang paling menguntungkan selama 30 tahun terakhir adalah kesempatan untuk menjangkau pemirsa Anda secara langsung, tanpa perantara. Di masa lalu, siaran pers tidak berguna kecuali diterbitkan melalui layanan kawat mahal. Cerita tentang perusahaan Anda hanya akan didengar jika mereka diambil oleh cetak, televisi atau outlet radio. Itu bukan lagi kasusnya.
Pengusaha sekarang dapat mempublikasikan konten mereka sendiri dan mempromosikannya melalui saluran tradisional dan non-tradisional. Siaran pers yang diposting ke situs web Anda sendiri masih dapat mengumpulkan ribuan tampilan dan menghasilkan arahan yang lebih bertarget. Blog korporat dapat berfungsi untuk mempromosikan produk baru, menceritakan kisah-kisah kemanusiaan, dan berinteraksi dengan pelanggan.

Bahkan konten radio dapat ditiru melalui podcasting. Semua jalan ini menawarkan kesempatan untuk langsung menjangkau audiens yang sudah tertarik dengan ide-ide yang harus Anda bicarakan.

Jika Anda bisa melampaui definisi lama, media sama dengan surat kabar, ribuan peluang untuk bekerja baik dengan dan di samping media hanya dengan satu klik mouse. Manfaatkan media baru dan lama untuk mendapatkan validasi pihak ketiga yang dibutuhkan setiap bisnis. (Friska Rani)

Friska Rani Tobing
Advo Indonesia public relations agency consultant Jakarta Indonesia
Recommendation
Comment