Yuk! Berkenalan dengan Personal Branding

Istilah from zero to hero nampaknya menjadi frase yang tepat untuk mengekspresikan keberhasilan suatu individu/kelompok maupun perusahaan agar menjadi dikenal publik luas setelah lama melakukan bentuk personal branding. Misalnya saja Raditya Dika, seorang yang dulunya merupakan blogger hingga menjadi penulis, sutradara dan sekarang berkembang sebagai content creator dengan salah satu bayaran paling mahal di Indonesia. Semua hal yang dilakukan Raditya Dika dimulai dengan melakukan personal branding

Personal Branding memiliki beberapa definisi penting, diantaranya Montoya memberi pernyataan bahwa jika individu melakukan pengelolaan pada dirinya untuk menciptakan suatu brand melalui nilai dan kualitas diri maka akan menimbulkan persepsi pada orang lain tentang brand yang dibentuk. Sementara itu, tujuan personal branding bagi perusahaan adalah untuk memberikan pemahaman tentang atribut yang dapat membimbing keputusan usaha yang akan diambil bagi setiap perusahaan serta memberikan perbedaan dengan kompetitor, membangun reputasi dan kredibilitas, meningkatkan pengakuan hingga menjadi penjangkaran. 


Gambar 1. Piramida Brand Awareness (Aaker David. Managing Brand Equity.1991)


Dalam arti lebih luas lagi, personal branding juga berarti brand strategy. Seperti yang terdapat pada Gambar 1 diatas, brand strategy dapat diartikan menajemen suatu merek dimana terdapat suatu kegiatan yang mengatur semua elemen-elemen yang bertujuan untuk membentuk suatu karakter atau ciri khas yang inklusif, menjual dan menarik. 

Sejalan dengan konsep PR 2.0, kini personal branding menjadi strategi yang musti dipahami baik oleh perusahaan serta praktisi PR. Terutama dalam mengenalkan platform, promosi, membangun keunikan dan kekuatan produk serta menentukan target pasar. Satu hal yang paling penting dalam menuntun strategi personal branding ini ialah kecakapan memimpin yang bisa mengarahkan kamu atau perusahaanmu untuk bisa dikenal orang dan apa tujuan yang diinginkan. 


Devi Nugraha

Advo Indonesia public relations agency consultant Jakarta Indonesia

Recommendation
Comment