4 Cara Mudah Mendapatkan Publisitas untuk Bisnis Anda

Apapun kegiatan bisnisnya, pertanyaan yang seringkali muncul adalah mengenai marketing dan public relations. Pertanyaan “Bagaimana agar orang-prang membicarakan bisnis daya? Bagaimana cara mempromosikannya tanpa harus mengeluarkan banyak uang?” sering dilontarkan oleh pemilik usaha kecil-menengah yang biasanya memiliki sedikit karyawan.

Memberikan produk dan layanan yang bagus adalah strategi PR yang terbaik

Pertama-tama, seluruh publisitas yang dilakukan akan menjadi percuma jika Anda tidak memberikan apa yang dijanjikan kepada pelanggan. Sebab, happy customers merupakan strategi PR yang terbaik. Berikut adalah tips-tips yang menjawab pertanyaan, “Jika saya kurang paham mengenai Public Relations, apa yang harus saya lakukan untuk mendapatkan publisitas pada bisnis saya?”

Pelanggan Anda membaca koran atau tabloid gratis yang dibagikan di jalan

Jika Anda merupakan pemilik usaha kecil-menengah, berita positif yang ditayangkan pada TV nasional memang merupakan hal yang luar biasa. Tapi jangan lupakan koran atau tabloid gratis yang dibagian di jalan untuk pelanggan Anda setiap minggunya.

Sebelum Anda membuat publikasi besar mengenai ide cerita tentang mengapa bisnis Anda harus menjadi headline, buat hubungan dengan wartawan di surat kabar lokal yang kemungkinan besar dibaca oleh target audiens Anda. Pada dasarnya, Public Relations adalah tentang menjangkau publik, walaupun mungkin hanya diliput di surat kabar mingguan gratis yang dapat ditemukan di sebagian besar komunitas akan menjamin visibilitas dengan audiens.

Langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi PR value dari bisnis Anda yang menurut wartawan lokal Anda akan menarik dan layak diberitakan. Apakah ada acara khusus yang terkait dengan bisnis khusus Anda? Adakah topik dan tren yang dibahas di mana komentar ahli Anda akan berguna? Hubungi wartawan yang sesuai, perkenalkan diri Anda dan bagikan ide Anda. Jangan berkecil hati jika Anda tidak langsung mendapatkan publisitas dalam sekali kesempatan. Mengembangkan platform PR adalah proses membangun dan mengembangkan hubungan. Jika satu pitch tidak berfungsi, hentikan, dan coba sudut cerita lain.

Media sosial tetaplah sebuah media

Anda harus aktif dan cerdas di media sosial. Cantumkan nama bisnis pada media sosial Anda. Gunakan nama lengkap Anda atau lokasi Anda dan jelaskan apa keahlian Anda. Tulis entri blog singkat di situs web tentang topik yang terkait dengan bisnis Anda. Tautkan ke seluruh akun media sosial Anda. Jika Anda mengikuti pelanggan Anda, beberapa mungkin mengikuti Anda kembali dan membagikan posting Anda dengan pengikut mereka. Anda akan menyaksikan jejaring sosial dan audiens Anda tumbuh ketika Anda mengembangkan tingkat kehadiran pada media sosial Anda.

Temukan social media group yang selalu aktif

Seluruh perkumpulan baik formal maupun informal pasti memiliki group di sosial media. group tersebut dapat menjadi sumber berita dan informasi pada sekelompok orang yang sesuai dengan target audiens Anda. Jadikan ini sebagai komunitas Anda, ikuti group tersebut dan berusaha untuk terlibat pada percakapannya. Bagikan opini Anda pada topik-topik internal yang dapat membuat komunitas atau pelanggan akan mengingat Anda sebagai orang yang ahli di bidang tertentu.

Bagikan materi branding sederhana

Berikan merchandise seperti kaos atau topi pada keluarga dan kerabat yang dapat mereka gunakan. Ketika mereka pergi ke tempat umum, merchandise ini dapat menjadi sarana branding gratis untuk bisnis Anda.

Mungkin Anda sudah mencoba taktik ini dan menemukan kesuksesan untuk bisnis kecil Anda. Tidak ada habisnya jumlah cara Anda dapat membangkitkan awareness dan publisitas untuk bisnis Anda. Selain itu, Anda juga dapat menemukan banyak artikel online tentang PR, pemasaran, dan media sosial. Lakukan riset Anda sendiri dan mempelajari apa yang dapat Anda terapkan.


Annisa Aprilliana P

Advo Indonesia public relations agency consultant Jakarta Indonesia

Recommendation
Comment