Tips Meningkatkan Riset di Dalam Program PR

Penelitian merupakan bagian besar dari tanggung jawab yang di lakukan oleh PR. Entah itu melakukan penelitian untuk latar belakang sebuah kampanye perusahaan sehingga Anda dapat membuat strategi yang tepat dan benar untuk menyampaikan sebuah pesan kepada publik. Pesan yang benar dan dapat tersampaikan kepada publik jika riset atau penilitian yang dilakukan dengan benar, tepat dan jelas.

Karena betapa pentingnya sebuah penelitian bagi pekerjaan PR, berikut adalah beberapa tips tentang bagaimana cara melakukan sebuah riset dengan fokus yang jelas. 


1. Langkah Awal Riset

Riset yang dilakukan sebelum membuat promosi untuk bisnis baru haruslah secara menyeluruh dan melihat hal-hal berikut:

• Jika Anda mendapatkan sebuah perusahaan yang langsung berhadapan dengan konsumen, Anda harus mencari tahu tentang pesaing perusahaan tersebut. Seperti apa saja produk pesaing? apakah itu positif atau negatif? Apakah pesaing merupakan perusahaan market leader? Dsb. Informasi-informasi inilah yang akan membantu Anda.

• Media apa saja yang selalu memuat berita mengenai perusahaan? Siapa sajakah jurnalis atau reporter yang paling penting dalam pembuatan berita tersebut? Penelitian ini akan membantu Anda untuk mengusulkan strategi melalui media di lapangan. Jika Anda sudah memiliki hubungan baik dengan beberapa wartawan, Anda dapat dengan mudah mendapatkan riset ini.

2. Gunakan Riset untuk Menyempurnakan Fokus Kampanye

Ketika menggunakan riset yang sudah pernah ada dengan menggunakan klien sebelumnya yang memiliki pasar atau fokus yang sama, volume informasi yang tersedia terkadang bisa sangat relevan untuk klien saat ini. Bahkan ketika program kampanye sedang berlangsung, Anda mungkin dapat menggunakan kata kunci untuk memantau kegiatan pesaing klien Anda, media sosial, industri klien, perusahaan global, klien Anda, bahkan semua faktor di berbagai negara. Akan tetapi Anda tetap harus melakukan riset terlebih dahulu tanpa menggunakan riset yang sudah pernah ada untuk lebih fokus tidak hanya pada apa yang Anda pantau, tetapi juga untuk memperbaiki strategi, dan membuat keputusan yang lebih tepat ketika menentukan di mana sasaran harus ditetapkan, target jangkauan apa yang seharusnya, dan banyak lagi.

3. Jadikan Riset Menjadi Kegiatan Sehari-hari

Program PR dapat mengalami kesulitan ketika mereka mulai terlalu rutin menggunakan riset yang sama dan ini dapat terjadi dalam berbagai jenis praktik, dari urusan publik hingga komunikasi internal. Begitu perusahaan sudah berhasil mencapai strategi yang sukses, akan timbul tekanan yang signifikan untuk mereplikasi keberhasilan itu, dan semuanya itu dapat menghasilkan penggunaan kembali buku pedoman atau riset yang sama berulang kali. Dengan melakukan riset secara konsisten dalam program PR, Anda akan lebih mungkin menemukan ide-ide baru dan cara baru dalam memandang komunikasi dan ini akan membantu menginformasikan strategi kreatif.

Advo Indonesia public relations agency consultant Jakarta Indonesia

Recommendation
Comment