Tips dan Trick Menjalankan Rencana Public Relations Dengan Minim Budget

Membuat rencana public relations (PR) dan marketing yang efisien adalah landasan untuk membangun kesuksesan organisasi Anda. Marketing dan PR, sayangnya, kadang-kadang bisa menguras biaya yang tinggi, terutama jika Anda menjalankan operasi yang asal-asalan tanpa persiapan matang. Untungnya, ada beberapa tips dan trik PR dan marketing yang hemat biaya namun efektif meningkatkan penjualan dan menumbuhkan basis konsumen Anda.

Anda mungkin memiliki produk atau layanan yang sangat baik, namun jika mereknya terasa asing di telinga konsumen maka jangan berharap penjualan bakal berjalan lancar. Hubungan masyarakat (PR) dan pemasaran yang efektif termasuk metode proaktif bagi Anda untuk menyebarkan pesan ke market Anda guna menarik pelanggan dan klien potensial.

Marketing adalah tentang menemukan metode menjangkau khalayak yang ditargetkan - pelanggan potensial dan klien yang memiliki minat dan kemungkinan kebutuhan untuk apa yang Anda jual. Sedangkan ranah PR termasuk mendapatkan pemberitaan yang positif dan publisitas sehubungan dengan bisnis Anda mengenai layanan, merek, dan inovasi terbaru.


Follow up pelanggan melalui email

Email merupakan metode paling mudah untuk membuat pembeli mengetahui produk dan perkembangan baru. Karena tingginya jumlah spam di luar sana, Anda harus membuat komunikasi email menjadi informatif dan menarik. Mengirimkan email buletin bulanan yang menargetkan berbagai segmen basis pelanggan dapat membantu bisnis kecil Anda dalam memasarkan produk baru atau menarik bisnis baru.

Memanfaatkan kekuatan media sosial

Menjadi pengelola media sosial Anda sendiri termasuk metode yang sangat berharga untuk mempromosikan produk atau layanan perusahaan. Dengan media sosial, konsumen akan terlibat dengan bisnis Anda dengan memberikan feedback dan mengajukan pertanyaan terkait produk Anda. Situs web media sosial seperti Twitter dan Facebook, Linkedin, Pinterest, dan YouTube semuanya merupakan metode jaringan yang ekonomis untuk mengiklankan perusahaan Anda.

Mempertahankan dan membangun situs Anda sendiri dapat meningkatkan basis pelanggan dan visibilitas. Dengan mengandalkan SEO, perusahaan Anda dapat muncul di peringkat teratas sebagai investor dan klien mencari layanan dan produk yang ditawarkan perusahaan Anda. Selain itu, menautkan link ke situs lain menyediakan lebih banyak eksposur perusahaan Anda. 

Bangun brand melalui blogging

Blogging dapat menyampaikan pesan kepada calon investor dan pelanggan. Blog dapat membangun kredibilitas di pasar bisnis Anda. Dengan terus membuat tulisan yang bertujuan untuk membantu permasalahan yang dihadapi pelanggan, Anda akan semakin mudah meraih kepercayaan dari mereka. Jika dilakukan secara konsisten dan efektif, kredibilitas Anda akan semakin kuat di mata konsumen, dan blog Anda akan selalu dijadikan tujuan utama pembaca.

Jadilah bagian dari percakapan online

Mendengarkan konsumen tentu saja tidak hanya mendengar masukan namun juga keluhan tentang sebuah produk. Biasanya konsumen akan lebih 'jujur' mengutarakan opininya terhadap pengalaman menggunakan produk atau layanan Anda melalui media sosial pribadinya. Mereka bisa juga memanfaatkan akun media sosial resmi perusahaan. Bila perlu, tanggapi setiap keluh kesah konsumen. Beri penjelasan dan solusi dalam menghadapinya. Dengan begitu, pemberitaan buruk tidak akan melebar kemana-mana. 

Pertahankan hubungan baik dengan para jurnalis

Untuk bisnis yang sudah cukup lama dan matang, menjaga hubungan dengan media juga sangat berguna. Terutama, apabila brand Anda mengalami krisis. Sebelum berita krisis tersebut tersebar kemana-mana. Kemungkinan besar para jurnalis merupakan orang pertama yang mendapat informasi tersebut dan bisa mengklarifisi hal terkait krisis tersebut. Di balik itu, sebisa mungkin, apabila jurnalis menghubungi Anda untuk meminta bantuan terkait kebutuhan pekerjaannya. Pastikan sebisa mungkin Anda selalu sedia untuk membantu.

Advo Indonesia public relations agency consultant Jakarta Indonesia

Recommendation
Comment


oqxapniude
Mar 12, 2022
http://slkjfdf.net/ - Otopexamo <a href="http://slkjfdf.net/">Iawarokp</a> vok.jvxg.advoindonesia.com.hpg.yx http://slkjfdf.net/