Berteman Dengan Media Menurut Saya Penting, Mengapa?

Pengertian dari Public Relation lebih ke arah sebuah interaksi yang menciptakan opini sebagai input yang menguntungkan untuk kedua belah pihak dan merupakan profesi professional dalam bidangnya dan merupakan factor yang sangat penting dalam pencapaian tujuan sebuah organisasi atau perusahaan. (Maria, 2002, p7). Terlepas dari situ, PR berperan penting dalam ranah pencintraan sebuah perusahaan.

Sebesar apapun perusahaan yang anda miliki, memiliki PR untuk membantu perusahaan Anda untuk mendapatkan citra yang baik dan dikenal luar oleh Masyarakat secara detail melalui pemberitaan media yang dibantu oleh seorang PR atau agensi PR sangat penting. Pengenalan perusahaan tidak hanya oleh pemberitaan yang baik karena perusahaan anda sudah melakukan sebuah campaign yang besar saja, ada kemungkinan di lain waktu mungkin untuk melepaskan jerat isu negative atau gossip yang tidak benar.

Hal yang dilakukan oleh seorang PR sebelum memiliki klien adalah mengenal si penyiar berita yaitu Media baik cetak, online, TV dan Radio. PR, Media dan Perusahaan adalah hal yang menjadi ketergantungan satu sama lain, oleh karena itu membangun sebuah hubungan yang baik terlebih dahulu antara PR dan Media adalah kunci untuk melancarkan kegiatan sebuah campaign dari klien anda.

Berteman dengan media adalah salah satu cara untuk mendapatkan perhatian khusus dari klien anda. Hubungan ini akan menjadi sebuah symbiosis mutualisme yang saling menguntungkan kelak. Besar kemungkinan anda untuk bekerjasama menjadi prioritas kedua belah pihak, tapi di luar dari itu, Anda dapat menceritakan keluh kesah anda pada seorang yang paham betul tentang pekerjaan Anda.

Ingatlah bahwa ada sebuah masa, sang media yang awalnya anda temui hanya sebuah jurnalis, beberapa tahun kedepan menjadi seorang managing editor atau pimpinan redaksi sebuah media yang di mana hasil pekerjaan anda ke klien bergantung dari sebuah pemberitaan dari media tersebut. Pihak media juga mendapatkan link yang baik untuk iklan atau advetorial dari perusahaan anda, minimal sebuah pemberitaan terbaru dari perusahaan klien. 


Friska

Advo Indonesia public relatios agency consultant Jakarta Indonesia


Recommendation
Comment